Tips Agar Anak Bangun Pagi

Pernah nggak mom merasakan kesulitan membangunkan anak setiap pagi? Dulu Saya selalu kesulitan. Uring-uringan gitu, apalagi setelah libur di hari minggu. Sebel ya mom, Mana hari senin adalah hari yang super hectic.

Saya tiba-tiba tersadar, kayaknya ada yang salah nih? Saya akhirnya curhat ke beberapa teman yang memiliki anak-anak usia yang sama dengan putri saya.

Dan ternyata beberapa jawaban sama dong. Bahkan beberapa teman sampai memakaikan anak-anaknya baju, sepatu dalam keadaan anaknya tengah tertidur. Saya sampai takjub dengan ucapan mereka mengenai anak-anaknya.

Jadi sampai berangkat sekolah nggak mandi, nggak gosok gigi, nggak sarapan, itu bagaimana ceritanya? Tanya saya kaget. menurutnya yang Penting anak sampai sekolah dulu. Lalu sampai sekolah baru diajak ke toilet buat mandi, cuci muka dan sarapan pagi di kelas.

Saya berfikir, berat memang tugas seorang ibu. hal-hal sepele begini saya percaya akan luput dari perhatian seorang ayah. Padahal seharusnya bisa saling berbagi beban ya. Bukan mentang-mentang ayah sudah bekerja lalu Masa bodoh dengan keadaan anak. kalau begini pasti rasanya sangat lelah.

“Kamu sih enak, anakmu nurut nggak Kaya anakku” ucap teman Saya.
Saya hanya bisa mengaminkan. Meski kadang agak susah dibangunkan Namun tidak sampai se extrem begitu. Itupun Saya sudah merasakan kesulitan. Sebagai orangtua saya harus extra usaha agar anak bangun pagi, mandi, sarapan dan berangkat sekolah.

Lalu bagaimana caranya Saya mengatasi anak-anak yang susah bangun pagi? berikut tips agar anak bangun pagi.

1. Atur Waktu Tidur

Agar anak-anak dapat bangun pagi, yang utama adalah mengatur waktu tidur dari si anak. Jadwal waktu tidur bagi anak-anak adalah 9 – 12 jam sehari.

Dengan waktu yang direkomendasi sebagai jam tidur anak, maka sebagai orangtua harus memastikan anak tidur di sekitar jam 20.00 – 21.00 paling lambat.

Dengan jam tidur di sekitar waktu itu, maka anak punya waktu cukup selama 9 jam untuk tidur, dan bangun di jam 06.00 pagi.

2. Tanamkan Tanggung Jawab

Tanggung Jawab mau tak mau memang harus Kita tanamkan sejak anak-anak kecil begini. Sudah waktunya kita menanamkan tanggung jawab kepada anak sedini mungkin.

Tanggung jawab dimulai dari diri sendiri, bagaimana seorang anak bisa bertanggung jawab kepada dirinya sendiri untuk melakukan tugasnya.

Salah satu tanggung jawab yang mudah ditanamkan kepada anak adalah dengan berangkat sekolah tepat waktu, berangkat sekolah tepat waktu dimulai dari bangun pagi. Ajarkan anak untuk bangun pagi agar anak terbiasa bertanggung jawab di kemudian hari.

C. Berikan Hadiah atau Apresiasi

Anak harus mendapatkan apresiasi, agar usaha yang dilakukannya banyak peningkatan. Mulai buat janji kepada anak, bila dia bisa bangun pagi dengan tepat waktu, maka akan diberi hadiah. Hal ini bisa memicu motivasi anak agar komitmen bangun pagi. Hadiah yang diberikan bisa berupa jalan-jalan ke tempat yang dia suka.

D. Minum Susu Sebelum Tidur

Kenapa anak susah bangun pagi?  Hal ini disebabkan aktivitas pada usia anak sangat aktif, mulai dari belajar, sampai bermain dengan temannya.

Banyak energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak pada masa tumbuh kembangnya. Akibat aktivitas dari pagi hingga sore hari yang banyak, tubuh anak jadi lelah saat malam dan butuh istirahat yang banyak. Untuk membantu tubuh anak beristirahat, baiknya anak minum segelas susu sebelum tidur.

Di dalam susu terdapat kandungan asam amino triptofan, yang dapat membantu produksi hormon melatonin yang bisa membantu tidur jadi lebih lelap. Anak pun mempunyai kualitas tidur yang berkualitas, dan kembali segar di pagi hari. Segelas Susu sangat cocok diminum di malam hari sebelum tidur untuk anak.

Penutup

Demikian tips-tips agar anak-anak bisa bangun pagi Tanpa kebanyakan drama. Semangat mom’s

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan