5 Cara Mudah ala SehatQ untuk Mengobati Sakit Pinggang

Sakit pinggang merupakan rasa sakit yang dialami pada punggung bagian bawah. Penderita akan merasakan sakit pada salah satu sisi atau keduanya.

Cara mudah mengobati sakit pinggang bisa dilakukan sendiri dengan mudah di rumah.

Penderita sakit pinggang akan mengalami rasa sakit yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit yang dirasakan pada pinggang ini biasanya dialami karena posisi tubuh yang salah dalam waktu yang lama saat sedang tidur atau duduk pada saat bekerja.

Selain itu, sakit pinggang juga bisa disebabkan ole gangguan organ ginjal, infeksi atau masalah pada tulang belakang.

Selain penyebab di atas, sakit pinggang juga bisa disebabkan pergantian posisi secara mendadak saat mengangkat barang. Sebagai artikel kesehatan yang terpercaya, SehatQ juga memberikan informasi yang terkait tentang sakit pinggang.

Penyebab Utama Sakit Pinggang

Banyak kasus yang terjadi, sakit pinggang diakibatkan oleh cedera otot pada pinggang. Biasanya, cedera ini disebabkan oleh gerak pinggang yang tiba-tiba dan berulang. Posisi duduk yang terlalu lama juga bisa menyebabkan sakit pinggang. Apalagi jika posisi duduk dan kursi yang digunakan tidak nyaman.

Sakit pinggang pada anak-anak, umumnya terjadi akibat membawa tas punggung yang terlalu berat.

Faktor lain yang menyebabkan sakit pinggang pada oran dewasa, antara lain :

1. Berusia 30 tahun ke atas

2. Memiliki berat badan yang berlebihan

3. Kurang beraktivitas atau olahraga

Tidak hanya disebabkan gangguan organ pada tubuh, sakit pinggang juga bisa disebabkan oleh gangguan saraf. Adapun jenis gangguan saraf yang bisa mengakibatkan sakit pinggang, antara lain :

1. Terdapat peradangan pada sendi di tulang belakang

2. Saraf kejepit akibat penonjolan bantalan tulang belakang (hernia nukleus pulposus)

3. Terjadi pengikisan bantalan tulang belakang akibat proses penuaan

4. Terjadi penyempitan ruas tulang belakang atau stenosis spinal

5. Mengalami cedera tulang belakang akibat terbentur atau kecelakaan

6. Kelainan pada lengkung tulang belakang, seperti kifosis, lordosis, atau skoliosis

7. Spondylolisthesis

Cara Mudah Mengobati Sakit Pinggang

Sebelum mengobati sakit pinggang, ada baiknya mengetahui lebih dulu penyebabnya. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah proses penyembuhan.

SehatQ memiliki cara mudah mengobati sakit pinggang, antara lain :

Tidak terlalu lama berbaring di tempat tidur

Proses penyembuhan sakit pinggang tidak bisa dilakukan dengan berbaring di tempat tidur terlalu lama. Selalu aktif dan berhati-hati dalam melakukan gerakan agar dapat membantu proses penyembuhan.

Aktif bergerak atau berolahraga

Sakit pinggang bisa diobati dengan tetap aktif melakukan aktivitas atau berolahraga. Penderita bisa melakukan latihan sederhana dengan berjalan. Bergeraklah secukupnya dan hindari melakukan aktivitas yang berat atau melakukan gerakan yang membuat pinggang menjadi semakin nyeri.

Kompres dingin dan panas

Sakit pinggang bisa ditenangkan dengan menggunakan bantalan pemanas dan kompres dingin. Profesional medis memberikan saran untuk menggunakan es selama 48 jam pertama setelah cedera. Apalagi jika terjadi pembengkakan, kemudian beralih dengan menggunakan kompres panas.

Tidur dengan posisi yang benar

Kuantitas tidur memang penting, tak kalah pentingnya dengan kualitas tidur. Cara menjaa kualitas tidur agar tetap stabil adalah dengan menempatkan posisi tidur yang maksimal.

Orang yang tidur menghadap ke atas, sebaiknya meletakkan bantal di bawah lututnya. Sedangkan orang yang tidur menyamping, sebaiknya meletakkan bantal diantara kedua lutut untuk menjaga tulang punggung agar tetap netral.

Meningkatkan fleksibilitas

Sering mengalami ketegangan bisa menyebabkan sakit pinggang. Latihan meningkatkan fleksibilitas bisa meredakan ketegangan dan sakit pinggang. Latihan fleksibilitas ini sangat mudah dilakukan dengan cara melakukan pereangan.

Demikian tadi cara mudah mengobati sakit pinggang ala SehatQ. Informasi lainnya yang terkait dengan artikel kesehatan juga bisa dibaca melalui website resmi SehatQ.

 

 

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan